CENTRIFUGE

A.    CARA PENGOPERASIAN
1.      Persiapkan larutan yang akan dimurnikan atau dipisahkan
2.      Sambungkan centrifuge pada aliran arus listrik
3.      Nyalakan centrifuge
4.      Buka penutup centrifuge dengan tekan tombol open.
5.      Masukan larutan ke dalam gelas tabung centrifuge. Larutan yang dimasukkan pada setiap      tabung haruslah sama ukurannya
6.      Masukkan tiap tabung ke dalam lubang centrifuge. Untuk meletakkan gelas tabung berisi      larutan yang akan dimurnikan, tabung harus diletakkan secara bersilang berlawanan. Namun hal ini tidak perlu dilakukan jika semua lubang pada centrifuge terisi penuh oleh      tabung larutan yang akan dimurnikan.
7.      Tutup kembali penutup centrifuge
8.      Set atau atur waktu yang diperlukan dan tentukan pula kecepatan rotasi  putaran (Rpm)       yang diinginkan
9.      Tekan tombol on untuk memulai memurnikan larutan
10.  Setelah pemurnian selesai, tekan tombol open dan ambil semua larutan dalam tabung yang     telah dimurnikan dengan cara mengambilnya secara berseling berlawanan pula.


B.     CARA PERAWATAN
Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :
1.      Bersihkan dinding bagian dalam dengan larutan antiseptik setiap minggu atau bila terjadi tumpahan atau ada tabung yang pecah.
2.      Gunakan tabung dengan ukran dan tioe yang sesuai untuk setiap sentrifus
3.      Beban harus dibuat seimbang sebelum sentrifus dijalankan
4.      Pastikan bahwa penutup telah menutup dengan baik dan kencang sebelum sentrifus dijalankan.
5.      Periksa bantalan pada wadah tabung. Bila bantalan tidak ada maka tabung mudah pecah waktu disentrifus karena adanya gaya sentrifugal yang kuat menekan tabung kaca ke dasar wadah
6.      Cegah jangan sampai ada kotoran atau ceceran zat-zat yang ditimbang, baik padat maupun cair pada timbangan
7.      Gunakan forcep untuk mengangkat bahan yang akan ditimbang untuk mencegah    adanya pengotoran lemak, lembab atau keringat dari tangan.

C.     CARA PENANGANAN TROUBLESHOOTING
Langkah awal analisis dan perbaikan adalah memahami cara kerja alat tersebut secara detil beserta pengaruh parameter operasi. Setelah dilakukan pengecekan ternyata alat tidak dapat berfungsi karena sistem pneumatic dan sistem panel kontrolnya rusak. Analisis kerusakanyang dilakukan pada centrfuge XD-301 adalah melakukan pengecekan komponen berdasarkan wiring diagram dari alat tersebut yang ditunjukkan pada Gambar 2.





     Gambar 2. Wiring diagram sistem elektrik Motor Centrifuge MXD-301

Dengan mengacu pada wiring diagram yang ditunjukkan Gambar 2, maka dapat dilakukan analisis kerusakan masing-masing komponen antara lain : pada pada sistem elektrik (Power suply). Pemeriksaan untuk sistem elektrik XD-301 di lakukan dengan melakukan pengecekan pada panel Motor Control Center (MCC) Mode “TEST” pada slot panel “Centrifuge (XD-301)”.Pengecekan mode“TEST” pada slot panel “Centrifuge (XD-301)” dilakukan dengan cara mengeluarkan rak slot panel dengan menggunakan alat pemutar pada posisi “TEST” yang di tandai dengan warna kuning pada slot tersebut. Selanjutnya untuk mengetahui apakah slot panel tersebut berfungsi dengan baik atau tidak, dilakukan dengan cara menekan tombol “TEST”. Apabila warna lampu yang tadinya menyala warna hijau berpindah pada warna merah saat tombol “TEST” ditekan, maka dapat diketahui bahwa slot panel tersebut dapat berfungsi dengan baik.

Dari hasil pengecekan slot panel, apabila saat tombol “TEST” ditekan lampu lampu merah tidak menyala, maka proses selanjutnya adalah mengeluarkan rak slot panel, untuk dilakukan pengukuran input/output pada masing-masing komponen dengan menggunakan alat multimeter. Komponen yang dilakukan pengecekan  tersebut antara lain : fuse, MCB, saklar/tombol, microswitch, relay( kontaktor ), timer control danover load. Apabila hasil pengukuran masing-masing komponen sudah diketahui kerusakannya dan telah dilakukan penggantian komponen sesuai dengan spesifikasi yang ada, selanjutnya dilakukan uji kinerja lokal panel XD-301 dengan cara melepas beban motor penggerak “Centrifuge (XD-301)”.

Selain dilakukan analisis kerusakan pada sistem elektrik, analisis kerusakan juga dilakukan pada sistem pneumatic. Sistem pneumatic berfungsi untuk mempertahan tekanan dalam glove box GB-301 selama operasi sebesar : -15 mmH2O s/d -25 mmH2O [6]. Analisis kerusakan dilakukan dengan cara simulasi menggunakan udara tekan/compressor. Simulasi yang dilakukan adalah dengan menghuhungkan langsung konektor input dari sistem pneumatic dengan kompresor serta menghubungkan solenoid pneumatic ke sumber listrik PLN melalui saklar manual menggunakan relai. Dari hasil analisis kerusakan yang telah dilakukan maka perlu dilakukan penggantian beberapa komponen antara lain dengan melakukan penggantianrelai/kontaktor, overload dan perbaikan atau pembersihan pada sistem ball valve pneumatic.

Setelah dilakukan Uji kinerja pada Sistem Elektrik Power Suplai, Sistem Elektro Pneumatic, dan Sistem Elekrik pada lokal panel Kontrol LXD-301, sistem elektrik dan pneumatic bisa berfungsi, tetapi sistem Centrifuge MXD-301 masih belum berfungsi karena belum dilakukan penggantian/perbaikan motor penggerak Centrifuge MXD-301.

DOWNLOAD FILENYA DISINI GAN

0 Response to "CENTRIFUGE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel