KOMPONEN AKTIF


Komponen aktif adalah komponn elektronika yang dalam pengoperasiannya perlu sumber arus listrik dan tegangannya sendiri untuk bekerja. Disebut komponen aktif karena jika dialiri arus listrik maka rangkaian komoponen aktif akan bekerja sedangkan pada saat tidak dialiri ars listirk maka tidak akan bekerja. Berikut ini jenis-jenis komponen aktif yang dipakai pada rangakaian elektronika :

TRANSISTOR
Transistor adalah alat semikonduktor yang diapakai untuk sirkuit pemutus dan penyambungan aliran listrik. Trasnsistor ini berfungsi semacam kran listrik, dimana berdasarkan arus inputnya (BJT) atau tegangan inputnya (PET), memungkinkan pengaliran listrik sangat akurat dari sirkuit sumber lisriknya. 
Cara Kerjanya : Transistor ini terbagi menjadi 2 jenis, yakni Transistor Bipolar (BJT) yang menggunakan dua polaritas yang membawa muatan untuk membawa arus listrik pada kanal produksinya. Sedangkan yang satunya lagi, yakni Transistor Effect (FET) dimana pada transisitor ini menggunakan satu jenis saja polaritasnya atau pembawa muatan arus listriknya.


Simbol Transistor


DIODA
Dioda adalah komponen aktif dua kutub yang pada umumnya bersifat semikonduktor yang memperbolehkan arus listirik mengalir ke satu arah dan menghambat arus dari arah yang sebaliknya.
Cara Kerjanya : prinsip kerja dioda yang lebih detail yakni untuk membawa arus AC ke DC, bisa dibayangkan kalau kerja dioda sangatlah berat harus mengubah arus bolak balik menjadi searah dengan prinsip kerja forwad bias. Arus bolak-balik AC akan masuk ke dioda untuk mengubah dengsn sempurna dan hasilnya diberi satuan N.
Simbol Dioda

Macam-Macam Dioda






Jika ingin membaca tentang komponen pasif disini








DOWNLOAD FILENYA DISINI GAN

0 Response to "KOMPONEN AKTIF"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel