HOLTER MONITOR


PENGERTIAN



Holter Monitor atau Holter EKG adalah sebuah portable yamg biasanya digunakan oleh pasien yang menderita jenis-jenis penyakit jantung tertentu melalui saran dari dokter ahli jantung dalam jangka waktu tertentu untuk mengetahui aktivitas listirk yang berada pada jantung. Holter monitor ini berfungsi untuk mengetahui aktivitas kelistrikan jantung, dimana alat ini harus terlebih dahulu dipassngkan ke pasien untuk mengecek ketidak teraturannya detak jantung pada pasien atau bisa disebut dengan istilah aritmia. Perangkat ini merupakan penentu keberhasilan dari tindakan terhdap jantung sebelumnya, seperti misalnya implasi alat pacu jantung (defibrilator) pada pasien. Cara kerja alat ini pasien tidak diharuskan melakukan persiapan khusus. Persiapan yang perlu dilakukan oleh pasien yakni bisa mengenakan pakaian model longgar dan biasanya sudah disediakan oleh rumah sakitnya. Selama pemeriksaan pasien dapat beraktivitas seperti bisa, seduah 24-48 jam, biasanya holter monitor akan dilepas dan pasien harus menunggu hasil prosesnya (membutuhkan beberapa minggu untuk memperolehnya). Namun, ada pengecualian apabila memang hasilnya langsung menunjukkan bahwa kondisi pasein sudah terlalu serius dan mengancam.


Ilustrasi Saat Penggunaan Alat
TUJUAN PENGGUNAAN HOLTER MONITOR
  1. Mengetahui irama dan detak jantung karena dengan bigitu, akan dapat terindikasi ada tidaknya gangguan atau kelainan pada jantung.
  2. Mendeteksi ada tidaknya efek obat yang sedang dikonsumsi dan apakah obnat tersebut mempengaruhi fungsi kerja pada jantung.
  3. Mendeteksi ada tidaknya hipertrofia atau keadaan bertambahnya massa pada otot jantung, sehingga berakibat munculnya jantung bengkak.
SIAPAKAH YANG MEMPERLUKAN HOLTER MONITOR INI?

Penggunaan holter monitor atau holter EKG ini dianjurkan pada pasien seperti berikut :
  1. Menunjukkan Gajala Aritmia, selain demnyut jantung yamg tak teratur, gejala lainnya adalah pusing, pingsan mendadak, dan kelelahan yang tidak biasa serta kesulitan saat bernapas bahkan ketika saat melakukan aktivitas berat.
  2. Mengkonsumsi Obat namun Gejala Tidak Hilang, Holter monitor dapat digunakan untuk memastikan keefektivitasan obat-obat yang diresepkan oleh dokter.
  3. Baru Saja Melakukan Bedah Jantung, Perangkat ini dapat menentukan apakah alat pacu jantung bekerja dengan  baik dan perangkat ini juga dapat menunjukkan ada luka pada jantung pasien.
TROUBLESHOOTING
  • Pada elektroda holter monitor terlepas atau terjatuh dari alat : pasang kembali jika memungkinkan dan dokumentasikan atau buatlah laporan.
  • Kotak rekaman blank : menginformasikan kepada teknisi jantung selama jam kerja kareena mungkin perlu diganti, jika selama beberapa waktu masih titik-titik buatlah laporan dan apnggil ke tenisi yang lebih ahli.


DOWNLOAD FILENYA DISINI GAN

0 Response to "HOLTER MONITOR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel