SAKLAR

Saklar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutus dan menyambungkan aliran listrik, baik itu paada jaringan arus kuat maupun pada jaringan arus lemah. Saklar memiliki dua keadaan yaitu keadaan terbuka dan keadaan tertutup.

KEADAAN TERBUKA
Pada keadaan terbuka ini dapat membuat tegangan arus listrik atau aliran listrik dapat tidak tersambung yang membuat arus listrik atau aliran listrik tidak dapat mengalir karena saklar membuka.

KEADAAN TERTUTUP
Pada keadaan tertutup ini arus listrik atau aliran listrik dapat tersambung dan dapat mengalirikan arus listrik kerangkaian.

MACAM-MACAM SAKLAR
  • Saklar Tunggal (Single Pole Single Throw) adalah saklar ON/OFF yang paling sederhana hanya memiliki dua terminal saja.
  • Saklar Ganda Seri ( Single Pole Double Throw) adalah saklar yang memiliki tiga terminal. Saklar jenis ini dapat digunakan sebagai saklar pemilih.
  • DPST (Double Pole Single Throw) adalahg saklar yang memiliki empat terminal. DPST dapat diartikan sebagai dua saklar SPST yang dikendalikan dalam satu mekanisme.
  • DPDT (Double Pole Double Throw) adalah saklar yang memiliki enam terminal. DPDT ini dapat diartikan sebagai dua saklar SPDT yang dikendalikan dalam satu mekanisme.
  • SP6T (Single Pole Six Throw) atau bisa disebut saklar putar adalah saklar yang memiliki tujuh terminal. Pada umumnya saklar ini berfungsi sebagai saklar pemiliih.


DOWNLOAD FILENYA DISINI GAN

0 Response to "SAKLAR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel